ANALISIS CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS FASE E


ANALISIS CAPAIAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan          : SMA Negeri 1 Seputih Banyak

Mata Pelajaran                : Bahasa Inggris

Fase/ Kelas                      : E/ X

Tahun Pelajaran               : 2021/2022

Penyusun                          : I Putu Wirya Suta, S.Pd.

Capaian Pembelajaran  :

Pada akhir fase E, peserta didik menggunakan teks lisan, tulisan dan visual dalam bahasa Inggris untuk berkomunikasi sesuai dengan situasi, tujuan, dan pemirsa/pembacanya. Berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, eksposisi, recount, report, dan teks asli menjadi rujukan utama dalam mempelajari bahasa Inggris di fase ini. Peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan keinginan/perasaan dan berdiskusi mengenai topik yang dekat dengan keseharian mereka atau isu yang hangat sesuai usia peserta didik di fase ini. Mereka membaca teks tulisan untuk mempelajari sesuatu/mendapatkan informasi. Keterampilan inferensi tersirat ketika memahami informasi, dalam bahasa Inggris mulai berkembang. Peserta didik memproduksi teks tulisan dan visual yang lebih beragam, dengan kesadaran terhadap tujuan dan target pembaca.

 

NO

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN TIAP ELEMEN

MATERI DAN TOPIK

KOMPETENSI

SMSTR

ALOKASI WAKTU

1

Menyimak-Berbicara

Pada akhir fase E, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam situasi dan tujuan. Mereka menggunakan dan merespon pertanyaan dan menggunakan strategi untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi. Mereka memahami dan mengidentifikasi ide utama dan detail relevan dari diskusi atau presentasi mengenai topik yang dekat dengan kehidupan pemuda. Mereka menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan opini terhadap isu yang dekat dengan kehidupan pemuda dan untuk membahas minat. Mereka memberikan pendapat dan membuat perbandingan. Mereka menggunakan elemen non-verbal seperti bahasa tubuh, kecepatan bicara, dan nada suara untuk dapat dipahami dalam sebagian konteks.

 

 

 

 

 

Materi: Percakapan terkait:

-          Deskripsi suatu tempat (howmetown)

-          Kejadian/kegiatan masa lampau (talking about last weekend)

 

-          Menggunakan dan merespon pertanyaan orang lain.

-          Memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi.

-          Memahami dan mengidentifikasi ideutama dan detail

 

Ganjil

10 JP

Materi: diskusi/presentasi terkait

-          Menyampaikan pendapat (giving opinion about places: city/country).

-          Membuat perbandingan (comparing cities/countries)

 

Genap

8 JP

2

Membaca-Memirsa

Pada akhir fase E, peserta didik membaca dan merespon berbagai macam teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, eksposisi, recount, dan report. Mereka membaca untuk mempelajari sesuatu atau untuk mendapatkan informasi. Mereka mencari dan mengevaluasi detil spesifik dan inti dari berbagai macam jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk diantaranya teks visual, multimodal atau interaktif. Pemahaman mereka terhadap ide pokok, isu-isu atau pengembangan plot dalam berbagai macam teks mulai berkembang. Mereka mengidentifikasi tujuan penulis dan mengembangkan keterampilannya untuk melakukan inferensi sederhana dalam memahami informasi tersirat dalam teks

Materi utama:

-          Teks deskripsi (hometown)

-          Teks recount (last weekend)

-          Teks prosedur (food/handcrafts)

Cakupan materi:

-          Simple present tense

-          Simple past tense

 

-          Memahami ide pokok, isu-isu dan pengembangan plot suatu teks.

-          Mengidentifikasi dan mengevaluasi informasi rinci.

-          Mengidentifikasi tujuan penulis.

-          Menemukan informasi tersurat dan tersirat.

-          Menyimpulkan secara sederhana.

Ganjil

8 JP

Materi utama:

-          Teks report (city/country)

-          Teks narasi (short story)

-          Teks eksposisi (current issues)

Cakupan materi:

-          Present perfect tense

-          Past perfect tense

-          Simple present tense

 

 

Genap

10 JP

3

Menulis-Mempresentasikan

Pada akhir fase E, peserta didik menulis berbagai jenis teks fiksi dan non-fiksi, melalui aktivitas yang dipandu, menunjukkan kesadaran peserta didik terhadap tujuan dan target pembaca. Mereka membuat perencanaan, menulis, mengulas dan menulis ulang berbagai jenis tipe teks dengan menunjukkan strategi koreksi diri, termasuk tanda baca dan huruf besar. Mereka menyampaikan ide menggunakan kosa kata dan kata kerja umum dalam tulisannya. Mereka menyajikan informasi menggunakan berbagai mode presentasi untuk menyesuaikan dengan pembaca/pemirsa dan untuk mencapai tujuan yang berbeda-beda, dalam bentuk cetak dan digital.

Materi utama:

-          Teks deskripsi

-          Teks recount

-          Teks prosedur

Cakupan materi:

-          Simple present tense

-          Simple past tense

Topik: isu yang dekat dengan kehidupan pemuda

 

-          Menyusun draft penulisan sebuah teks.

-          Menyampaikan ide  melalui tulisan.

-          Menulis sebuah teks.

-          Menyajikan informasi menggunakan berbagai mode presentasi (visual, digital, audiovisual).

Ganjil

10 JP

Materi utama:

-          Teks report (city/country)

-          Teks narasi (short story)

-          Teks eksposisi (current issues)

Cakupan materi:

-          Present perfect tense

-          Past perfect tense

Genap

8 JP

Jumlah Jam Pelajaran Tatap Muka Semester Ganjil

28 JP

Jumlah Jam Pelajaran Tatap Muka Semester Genap

26 JP

Jumlah Jam Pelajaran Tatap Muka per Tahun

54 JP

Jumlah Jam Pelajaran Projek

18 JP

Total Jam Pelajaran dalam Satu Tahun

72 JP

                                                                                                                                                                             

3 komentar: