ANALISIS CAPAIAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1
Seputih Banyak
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Fase/ Kelas : E/ X
Tahun
Pelajaran : 2021/2022
Penyusun : I Putu Wirya Suta, S.Pd.
Capaian Pembelajaran :
Pada akhir fase E, peserta didik menggunakan
teks lisan, tulisan dan visual dalam bahasa Inggris untuk berkomunikasi sesuai dengan situasi, tujuan,
dan pemirsa/pembacanya. Berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi,
prosedur, eksposisi, recount, report, dan teks asli menjadi rujukan utama dalam
mempelajari bahasa Inggris di fase ini. Peserta didik menggunakan bahasa
Inggris untuk menyampaikan keinginan/perasaan dan berdiskusi mengenai topik
yang dekat dengan keseharian mereka atau isu yang hangat sesuai usia peserta
didik di fase ini. Mereka membaca teks tulisan untuk mempelajari
sesuatu/mendapatkan informasi. Keterampilan inferensi tersirat ketika memahami
informasi, dalam bahasa Inggris mulai berkembang. Peserta didik memproduksi
teks tulisan dan visual yang lebih beragam, dengan kesadaran terhadap tujuan
dan target pembaca.
NO |
ELEMEN |
CAPAIAN PEMBELAJARAN TIAP
ELEMEN |
MATERI DAN TOPIK |
KOMPETENSI |
SMSTR |
ALOKASI WAKTU |
1 |
Menyimak-Berbicara |
Pada akhir
fase E, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan
guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam situasi dan tujuan.
Mereka menggunakan dan merespon pertanyaan dan menggunakan strategi untuk
memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi. Mereka memahami dan
mengidentifikasi ide utama dan detail relevan dari diskusi atau presentasi
mengenai topik yang dekat dengan kehidupan pemuda. Mereka menggunakan bahasa
Inggris untuk menyampaikan opini terhadap isu yang dekat dengan kehidupan
pemuda dan untuk membahas minat. Mereka memberikan pendapat dan membuat
perbandingan. Mereka menggunakan elemen non-verbal seperti bahasa tubuh,
kecepatan bicara, dan nada suara untuk dapat dipahami dalam sebagian konteks.
|
Materi: Percakapan terkait: -
Deskripsi suatu tempat
(howmetown) -
Kejadian/kegiatan masa
lampau (talking about last weekend)
|
-
Menggunakan dan merespon
pertanyaan orang lain. -
Memulai dan mempertahankan
percakapan dan diskusi. -
Memahami dan mengidentifikasi ideutama dan detail
|
Ganjil |
10 JP |
Materi: diskusi/presentasi terkait -
Menyampaikan pendapat (giving opinion about places:
city/country). -
Membuat perbandingan (comparing cities/countries)
|
Genap |
8 JP |
||||
2 |
Membaca-Memirsa |
Pada akhir
fase E, peserta didik membaca dan merespon berbagai macam teks seperti
narasi, deskripsi, prosedur, eksposisi, recount, dan report. Mereka membaca
untuk mempelajari sesuatu atau untuk mendapatkan informasi. Mereka mencari
dan mengevaluasi detil spesifik dan inti dari berbagai macam jenis teks. Teks
ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk diantaranya teks visual,
multimodal atau interaktif. Pemahaman mereka terhadap ide pokok, isu-isu atau
pengembangan plot dalam berbagai macam teks mulai berkembang. Mereka
mengidentifikasi tujuan penulis dan mengembangkan keterampilannya untuk
melakukan inferensi sederhana dalam memahami informasi tersirat dalam teks |
Materi utama: -
Teks deskripsi (hometown) -
Teks recount (last
weekend) -
Teks prosedur
(food/handcrafts) Cakupan materi: -
Simple present tense -
Simple past tense
|
-
Memahami ide pokok,
isu-isu dan pengembangan plot suatu teks. -
Mengidentifikasi dan
mengevaluasi informasi rinci. -
Mengidentifikasi tujuan
penulis. -
Menemukan informasi
tersurat dan tersirat. -
Menyimpulkan secara
sederhana. |
Ganjil |
8 JP |
Materi utama: -
Teks report
(city/country) -
Teks narasi (short story) -
Teks eksposisi (current
issues) Cakupan materi: -
Present perfect tense -
Past perfect tense -
Simple present tense
|
Genap |
10 JP |
||||
3 |
Menulis-Mempresentasikan |
Pada akhir
fase E, peserta didik menulis berbagai jenis teks fiksi dan non-fiksi,
melalui aktivitas yang dipandu, menunjukkan kesadaran peserta didik terhadap
tujuan dan target pembaca. Mereka membuat perencanaan, menulis, mengulas dan
menulis ulang berbagai jenis tipe teks dengan menunjukkan strategi koreksi
diri, termasuk tanda baca dan huruf besar. Mereka menyampaikan ide
menggunakan kosa kata dan kata kerja umum dalam tulisannya. Mereka menyajikan
informasi menggunakan berbagai mode presentasi untuk menyesuaikan dengan
pembaca/pemirsa dan untuk mencapai tujuan yang berbeda-beda, dalam bentuk
cetak dan digital. |
Materi utama: -
Teks deskripsi -
Teks recount -
Teks prosedur Cakupan materi: -
Simple present tense -
Simple past tense Topik: isu yang dekat dengan kehidupan pemuda
|
-
Menyusun draft penulisan
sebuah teks. -
Menyampaikan ide melalui tulisan. -
Menulis sebuah teks. -
Menyajikan informasi
menggunakan berbagai mode presentasi (visual, digital, audiovisual). |
Ganjil |
10 JP |
Materi utama: -
Teks report
(city/country) -
Teks narasi (short story) -
Teks eksposisi (current
issues) Cakupan materi: -
Present perfect tense -
Past perfect tense |
Genap |
8 JP |
||||
Jumlah Jam Pelajaran Tatap
Muka Semester Ganjil |
28 JP |
|||||
Jumlah Jam Pelajaran Tatap
Muka Semester Genap |
26 JP |
|||||
Jumlah Jam Pelajaran Tatap
Muka per Tahun |
54 JP |
|||||
Jumlah Jam Pelajaran
Projek |
18 JP |
|||||
Total Jam Pelajaran dalam
Satu Tahun |
72 JP |
Very good and thanks for all Mr..
BalasHapusOke,,semoga berbahagia...
HapusSemoga semua makhluk berbahagia..
BalasHapus